Ketika Dimensi Kehidupan Bergerak ke Revolusi Bumi yang Berbeda

Sabtu, 28 Desember 2013

Ekspedisi Pasir Berdebu

Kira-kira setaun yang lalu, bulan Nopember 2012, saya bersama sahabat-sahabat saya melakukan ekspedisi pasir berdebu ke Bromo, hahaha. Alay banget istilah saya ini.

Okelah jadi gini ceritanya, kira-kira jam 11 malem kita persiapan berangkat dan jam 12 malem tet kita berangkat dari Surabaya. Dari Surabaya lewat Sidoarjo terus Pasuruan kemudian lewat Probolinggo bagian kota.

Ini pertama kalinya saya melakukan perjalanan dini hari, keren bro jalanan sepi dan dingin, asik banget dah apalagi konvoi bareng sama temen-temen. Sampai Probolinggo kira-kira jam setengah 3 pagi nih, mampir dulu di rumah temen, cuci muka, minum teh anget terus makan nasi jagung dari tuan rumah yang baik hati, setelah perjalanan cukup jauh dan dingin dan bikin kelaparan tentunya jadi kerasa banget mantepnya teh hangat dan makan dini hari ini.

Jam setengah 4 pagi kita mulai pergi ke Bromo dengan semangat membara untuk ekspedisi pasir berdebu. Rencana awal kita adalah liat sunrise bareng-bareng di Bromo. Jalanan kota Probolinggo masih sepi, dingin menusuk. Kita berempat belas dengan tujuh motor mulai melewati tanjakan, astagaa jalannya horror bin nyeremin bin merinding. Sempit, Kanan Tebing, kiri jurang, berkelok-kelok. saya yang dibonceng aja baca sholawat terus, emang kudu handal pengendara yang lewat sini. Ada salah satu temen saya yang jatuh gara-gara terlalu curamnya kelokan, semakin pengen saya turun dari motor dan jalan kaki, tapi kebayang juga gimana jauhnyaaaaaaaa jalan kaki ke Bromo..

Setelah melewati jalanan yang horror bin nyeremin bin merinding, sampaai juga di Gurun pasirnya Bromo dan kalian tahu kita sampai sini jam setengah 6! Matahari udah muncul ngejek kita, padahal rencana awal kita ngejar sunrise, broo... tapi yaudah lah gak apa yang penting ekspedisi pasir berdebu terus berlanjut. Ini alasan kenapa saya sebut ekspedisi pasir berdebu karena sebelum naik ke puncak Bromo kita kudu ngelewatin gurun pasir yang lumayan berat juga, ban motor sampe selip dan akhirnya jatuh dari motor. Sekali lagi pengen rasanya saya turun dari motoooorr, tapi saya urungkan niat saya setelah merasakan dingin gunung yang teramat menusuk kulit.

Persimpangan Jalan Sebelum Gapura Selamat Datang

Good Morning Bromo

Pura di tengah "Ekspedisi Pasir Berdebu"

"Ekspedisi Pasir Berdebu" dari Puncak Bromo

Para Pejuang "Ekspedisi Pasir Berdebu" (Pendakian)

Kawah Bromo

Pejuang "Ekspedisi Pasir Berdebu" (Penurunan)

Kita naik ke puncak kira-kira kurang dari jam 6 pagi dan sampai puncak Bromo jam setengah 7 pagi. Subhanallah pemandangan dari puncak Bromo keren abiiss....
Sumpah kereen, rasanya gak nyangka saya bisa di atas puncak Bromo saat itu setelah melewati perjalanan yang lumayan panjang dan ketakutan saat jalan berkelok-kelok, terbayar sudah segala penat dan lelah. Indah banget alam ini, ingin rasanya kupeluk dan kunikmati pemandangan seperti ini setiap hari. Baru kusadari Negeri ini begitu kaya dan elok, seperti Negeri dongeng... Tuhan, bantu kami menjaganya agar kelak anak cucu kami dapat pula menikmatinya...