Ketika Dimensi Kehidupan Bergerak ke Revolusi Bumi yang Berbeda

Minggu, 29 Desember 2013

5 Cara Dapet Uang Saku Tambahan

"Akhir bulan, duit di dompet tinggal selembar warna ijo..." histeria semacam itu bagi anak kos udah biasa, akhir bulan bikin mahasiswa merinding gara-gara duit. Mau minta duit ke ortu juga gak enak, malu masa udah umur kepala dua masih minta ke ortu. Ada beberapa cara sih biar mahasiswa semacam kita dapet duit tambahan jadi gak pusing dan gak histeris kalau liat duit di dompet tinggal selembar warna ijo, hahaha.

1. Jadi Guru Privat
Ini adalah cara paling gampang dan siapa aja bisa jadi guru privat. Gak selamanya kan waktu kita habis cuma buat di kampus-kos-kampus-kos, ada laah pastinya waktu luang dan itu bisa gunain sebagai guru privat pelajar. Tinggal pilih mau jadi guru privat anak SD, anak SMP atau ABG SMA. Bisa daftar lewat Lembaga Bimbingan Belajar atau bikin pamflet cari murid sendiri. Lumayan kan, bisa dapet tambahan uang saku dan pengalaman jadi pendidik serta menambah kenalan, siapa tau tuh buat yang mahasiswi jomblo trus ketemu kakaknya murid kamu itu yang ternyata keren abis, wah boleh banget kan dijadiin teman hidup. hahaha. Sekali berenang dua pulau terlampaui tuh.


2.  Bikin Usaha
Mahasiswa sekarang mulai diajak untuk menjadi seorang enterpreneur, membuat lapangan usaha sendiri lebih baik daripada mencari lapangan usaha. Gak perlu yang gede-gede dulu, cari peluang usaha yang sering dicari sama temen-temenmu, misalnya jual pulsa, ikutan online shop jualan baju, sepatu atau tas. jual barang-barang reseller gitu lah istilahnya. lumayan lho keuntungannya bisa ditabung dan usaha semacam itu bisa berkelanjutan jadi jangan takut usahamu bangkrut atau gulung tikar deh kalau kamu mau berusaha.


3. Asah Hobi, Ikutan Kompetisi
Kalau kamu hobi nulis, kamu bisa kirim tuh tulisan-tulisanmu ke redaksi koran, majalah atau ikutan kompetisi menulis. Kalau menang, kadang hadiahnya gak tanggung-tanggung bisa jutaan atau liburan gratis. Keren kan, hobi bisa buat kamu ke belahan dunia lain dah. Kalau gak suka nulis, mungkin kamu hobi olahraga entah basket atau futsal misalnya, gabung aja sama klub olahraga semacam itu, kalau kemampuanmu di atas temen-temenmu, kamu bakal direkomendasikan buat ikutan lomba atau kompetisi, kalau menang pasti dapet hadiah kan, nah itu bisa jadi tabunganmu. Asik kan kalau kamu mengerjakan sesuatu yang kamu sukai dan kamu bisa dapet penghasilan dari situ.


4. Ikutan MLM
Kalau yang ini buat sebagian orang bisa jadi penghasilan utama lhoo. "MLM atau Multi Level Marketing kadang-kadang disebut dengan Network Marketing. Arti pokoknya adalah sekelompok orang yang diatur dalam jenjang seperti bangun piramid memasarkan produk kepada konsumen. Seorang sales representative (sales rep.) yang dalam MLM disebut dengan berbagai istilah seperti member, distributor, afiliasi atau partner bisnis berusaha mendapatkan pelanggan (costumer) dan merekrut serta melatih distributor lain merekrut pelanggan." (http://www.kdpbiz.com/?page_id=360) Saya juga gak sebegitu paham sih sama MLM tapi intinya, kita kalau ikutan MLM dituntut buat cari pelanggan buat memasarkan produk kita itu, pusing juga saya sama MLM makanya saya gak pernah nyoba buat yang satu ini, hahaha.


5. Tingkatin IPK
Mahasiswa tentu tak jauh pembahasannya dari IPK, ada sebagian yang rada sensitif kalau ada pertanyaan "Eh, IPK mu berapa?" haha. Tapi tugas utama mahasiswa kan belajar, terkadang ada yg tanya "kamu kuliah cari ilmu apa cari IPK sih?" gak munafik ya, terkadang pinter atau gaknya mahasiswa pastinya paling awal dilihat dari IPK. yauda lah pokoknya kita sebagai mahasiswa jangan melupakan tugas utama kita yaitu belajar, kalau IPK mu bagus kamu pasti lebih gampang ngajuin macam-macam beasiswa, jadi gak perlu deh minta ke ortu lagi, iya kaan?? Selain beasiswa kalau ngelamar kerjaan setelah wisuda juga pasti lebih gampang.


Oke dreamer, jangan cuma ngeluh, kita sebagai mahasiswa harus punya solusi atas segala permasalahan yang kita hadapi. Be Creative, guys...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar